in

Sate Kambing Pak Eko Satak

Sate kambing adalah salah satu makanan khas dan tentunya favorit bagi masyarakat Indonesia. Hampir setiap daerah memiliki olahan masakan ini. Makanan ini digemari oleh siapapun, baik pria, wanita, tua maupun muda. Berbicara tentang kuliner sate kambing, ada salah satu tempat favorit yang sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi bila anda sedang berada di kabupaten Kediri. Sate kambing Pak Eko Satak namanya.

Satak adalah nama salah satu desa di Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri Jawa Timur.  Desa Satak selama ini juga dikenal sebagai daerah tujuan wisata lokal bagi masyarakat Kediri. Di Desa Satak terdapat obyek wisata bernama Alas Simpenan.

Alas Simpenan adalah obyek wisata berupa hutan alami, dimana dikawasan tersebut merupakan ‘rumah’  bagi kawanan kera.  Maka, bila anda berkunjung ke-Alas Simpenan, pada saat tertentu kawanan kera akan menjumpai anda. Tanpa takut akan kehadiran manusia, para kera biasanya bergelantungan dari satu pohon ke pohon lainnya.

Menuju Lokasi Sate Kambing Pak Eko Satak

Untuk menuju ke Desa Satak,  bila anda dari arah Pare langsung saja menuju ketimur ke arah kecamatan Puncu. Perjalanan dari Pare menuju ke Desa Satak membutuhkan waktu  sekitar setengah jam. Untuk memudahkan pencarian,  silahkan aktifkan fitur google map anda, dan langsung setel sate Satak Pak Eko di kolom tujuan anda.

Desa Satak berada di lereng Gunung Kelud. Jadi ketika anda berada disini, akan merasakan sejuknya hawa pegunungan yang dingin. Bayangkan sensasi kenyamanan luar biasa yang akan anda alami bila berkunjung kesini.  Makan sate, bersama orang terkasih sambil menikmati suasana pegunungan, tentunnya  merupakan kenikmatan yang hakiki.

Menelusuri wilayah pedesaan membuat kita akan dimanjakan dengan pemandangan yang menyejukkan, oleh warna hijau segar tetumbuhan. Belum lagi udara yang segar tanpa polusi membuat paru-paru kita akan semakin sehat.  Apalagi jika sambil menikmati wisata kuliner yang nikmat dan lezat.

Suasana Warung Sate Kambing Pak Eko Satak

Bila anda berkunjung Warung Sate kambing Pak Eko pada siang hari, terutama jam makan siang,  maka biasanya suasananya akan sangat ramai sekali. Hal yang sama juga terjadi pada hari-hari libur. Maklum, karena keberadaan Sate Pak eko Satak ini sudah cukup terkenal. Sehingga bukan hanya Warga Kediri saja yang mengunjungi, tetapi juga banyak dijumpai pengunjung dari daerah lain seperti dari Jombang, Malang, dan Tulungagung.

Meskipun lokasinya didaerah terpencil,  tapi yang datang tiada henti.  Jadi jangan heran misalnya ketika anda mengunjungi warung ini anda akan mendapati antrian panjang para penggemar Sate Satak. Namun, bila anda mau menghindari antrian yang terlalu panjang, mungkin anda bisa mengunjunginya diluar hari libur dan jangan di jam makan siang. Sate Kambing Pak Eko Satak, buka setiap hari dari jam 10.00 sampai dengan jam 17.00. Wib.

Menu Favorit

Salah satu menu favorit di warung Sate Pak Eko satak adalah nasi campur dan sate kambing muda. Seporsi nasi campur harganya 20.000, sedangkan untuk satenya 30.000/ per porsi. Soal rasa, jangan ditanya lagi.  Selain potongannya besar-besar pada setiap tusuknya,  daging kambing yang dibakar juga sangat empuk.  Bagi pecinta sate, daging yang empuk tentunya adalah salah satu harapan utama ketika akan menyatap sate. Karena pecinta sate tentu tidak menyukai jika daging sate yang dimakan ternyata alot.  Sedangkan untuk bumbu satenya, tersedia dua pilihan. Selain disediakan bumbu kacang seperti pada umumnya warung sate di Kediri. Warung Sate Pak Eko juga menyediakan bumbu kecap.

Soal bumbu sate, setiap penikmat sate mungkin bisa berbeda pendapat. Hasan, pengunjung asal Kota Kediri lebih menyukai Bumbu Kecap daripada bumbu Kacang. Baginya, dengan bumbu kecap daging sate akan terasa lebih otentik. Daging sate bisa dia nikmati rasanya tanpa  harus terganggu rasa kacang.

Lain halnya bagi Ayu, pengunjung dari kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Menurut Ayu, Bumbu kacang rasanya sangat enak. Apalagi bila dicampur dengan kuah gule, rasanya terasa lebih ‘nendang’ katanya. Bagi yang menginginkan gule kambing, gule kambing di warung ini juga sangat enak dan disajikan dengan porsi yang besar.

Riwayat Perkembangan Warung Sate Kambing Pak Eko Satak

Riwayat Sate Kambing Pak Eko satak, bermula dari usaha warung sate biasa. Saat ini, Warung Sate Pak Eko Satak sudah berkembang menjadi rumah makan yang sangat luas.  Kepada penulis (Sabtu,25/1/2020) Pak Eko menceritakan,  bahwa luas lahan warung satenya sekarang sudah seluas 7200 m2. Sedangkan untuk bangunannya seluas 10x 8 m. Kedepannya, Pak Eko akan mengembangkan bangunan rumah makannya dengan membuat gazebo, mengingat masih tersedia lahan yang cukup luas.  Pak Eko mengharap, agar pengunjung yang datang ke warung satenya bisa menikmati berbagai olahan daging yang disajikan dengan nikmat dan senyaman mungkin.

Warung Sate Pak Eko sudah dilengkapi berbagai macam fasilitas seperti toilet, dan mushola. Selain itu, pengunjung juga disediakan tempat duduk yang nyaman, baik di dalam ruangan maupun di teras. Untuk parkir kendaraan roda dua dan empat juga disediakan lahan parkir yang sangat luas.

Nah, demikian ulasan tentang Sate Pak Eko Satak. Bagi anda sekalian yang sedang berkunjung ke Kediri, jangan lupa sempatkan untuk mengunjungi Wisata Kuliner Sate Pak Eko Satak ini ya. Trimakasih

Ditulis oleh: Ahmad Jazuli Harwono

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Seni lukis sketsa , sederhana namun memiliki nilai jual tinggi

Street Photography, Aliran Fotografi Yang Mudah Dipelajari