Scrapframe Henna
in

Inovasi Scrapframe Henna Ide Bisnis Menguntungkan

Scrapframe Henna Ide Bisnis Menguntungkan usaha kreatif kini memang semakin menunjukkan popularitasnya. Hasil produksi yang dibarengi dengan khualitas yang baik sekaligus kreativitas tinggi membuat  usaha ini memiliki banyak konsumen. Khususnya generasi milenial yang gemar dengan hal-hal baru dan berbau unik. Oleh karena itu, membekali diri dengan kreativitas, kerja keras dan berani mencoba adalah tiga hal yang harus dimiliki sebagai bekal untuk memulai sebuah usaha.

Artikel kali ini, akan membahas mengenai usaha Scrapframe Henna. Scrapeframe sendiri memiliki arti seni dekorasi foto yang dibingkai di dalam frame atau pigora. Biasanya scrapeframe menggunakan media foto dan gambar berbahan baku kertas dengan desain yang unik dan lucu. Namun beda lagi dengan scrapeframe kaya Ainu Muassisul Husna.

Di tangan kreatif Ainu Muassisul Husna ini, ia mampu menyuguhkan karya yang beda dari yang lain. Jika kebanyakan scrapeframe menggunakan bahan baku kertas foto, ia mengandalkan pacar henna sebagai bahan baku pembuatannya. Dan pastinya, tampilannya sangat berbeda dengan scrapeframe pada umumnya. Ia menamai scrapeframe buatannya dengan sebutan Scrapframe Henna.

Asis sapaan akrabnya mencoba berinovasi dengan menggunakan frame atau pigora untuk dijadikan sebagai media. Selintas memang sederhana dan biasa saja. Namun siapa sangka. Melalui tangan kreatifnya, ia mampu menghasilkan karya yang jarang ditemui bahkan langka. Inovasi yang dilakukan Asis berhasil menuai pujian banyak orang dan menarik minat konsumen.

­­­ “Awalnya saya memang hobi menghias henna, selain itu saya juga membuka jasa tato henna yang biasanya digambar di punggung tangan itu, kemudian tercetus ide bagaimana jika saya menghiasnya di media kertas. Dan ternyata memang hasilnya indah dan lain dari yang lain” Jelas perempuan  berusia 25 tahun tersebut.

Perlahan namun pasti, wanita kelahiran tahun 1995 ini memberanikan diri untuk menjualberlikan hasil karyanya. Adapun strategi yang ia gunakan adalah memasarkannya melalui sosial media, khususnya menggunakan instagram dengan akun @Ainu_muassis.

“Kebanyakan yang memesan mereka yang sudah tahu hasil karya saya secara nyata, dulu awal mulanya saya memberikan scrapeframe henna ini untuk hadiah teman saya yang usai menjalani sidang skripsi, kemudian saya posting di sosial media dan banyak yang berminat” ujarnya.

“Namun meski begitu banyak pembeli dari luar kota yang memesan. Mulai dari Blitar, Jombang Tulungagung, Malang dan saya melayani pembelian online juga” Jelas dara yang bertempat tinggal di dusun Nglaos Desa Jatinom Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar tersebut.

http://Dokumen%20pribadi

Untuk harga, Asis menjelaskan bervariasi. Tergantung ukuran, jenis kesuliatan desain, waktu pembuatan dan pastinya ukuran frame yang diminta. Harga kisaran Rp. 50 ribu untuk ukuran mini. Sedangkan untuk ukuran 4R Rp 70 Ribu hingga Rp.90 ribu rupiah.

Desain untuk pembuatan Scrapframe Henna yang disuguhkanpun beragam. Mengikuti tema yang dipesan pelanggan. Mulai dari ucapan selamat menempuh sidang, ucapan selamat wisudah, pernikahan bahkan pesan nama  lengkap untuk pajangan maupun mahar pernikahan.

Asis mengatakan, untuk waktu pembuatan Scrapframe Henna ini tidak membutuhkan waktu yang relatif lama. Untuk satu karya bisa diselesaikan satu hingga dua jam untuk ukurang kecil dan sedang. Sedangkan untuk ukuran frame yang lebih besar membutuhkan 4-5 jam pengerjaan. Semua kembali dengan desain yang dipesan pelanggan.

Adapun bahan yang dibutuhkan untuk membuat Scrapframe Henna sangat beragam, mulai dari glitter, pacar henna khusus, kertas jasmine, kertas karton ataupun black paper yang sering digunakan beberapa orang untuk daftar menu makanan pada bazar atau restoran. Melalui bahan sederhana tersebut, Asis lihai menyulapnya menjadi sebuah karya yang indah dan bernilai jual tinggi.

“ Untuk bahan yang digunakan cukup sederhana dan mudah ditemui di berbagai toko perlengkapan alat tulis, namun untuk pigora saya memesan sendiri di luar kota. Karena selain khualitasnya bagus, desainnya juga unik “ Jelas Dara kelahiran Blitar tersebut.

“Selama menjalani usaha scrapeframe henna, saya tidak menemui kendala yang serius. Hanya saja beberapa pelanggan sering memesan secara dadakan. Padahal untuk memesan pigora membutuhkan waktu satu hingga dua hari barang baru datang. Untuk mengatasinya, saya berinisiatif menyetok pigora dan bahan baku khusus” Tambahnya.

https://www.instagram.com/p/BmZFtolljDP/

Untuk jumlah scrapeframe yang sudah ia produksi sudah lumayan banyak. Kebanyakan pembelian scrapframe terbilang musiman. Jika saat musim Sidang skripsi atau wisudah Asis pernah menerima pemesanan 10 biji setiap harinya. Terlebih jika bebarengan dengan musim nikah, Asis harus ekstra membagi waktu antara melayani jasa hias mahar, srapeframe henna hingga tato henna yang ia layani dengan jasa pemanggilan ke rumah – rumah pengantin. Meskipun begitu Asis mengaku senang menjalani usaha bisnisnya. Dan akan terus membuat inovasi untuk henna karyanya.

https://www.instagram.com/p/BmZFtolljDP/

Melalui akun instagramnya, @Ainu_muassis ia memajang scrapeframe henna hasil karya yang ia buat.  Tidak jarang, ia bersama teman-temannya dan komunitas pecinta henna Blitar membuka kegiatan amal melalui karya yang ia tawarkan. Hasil dari jasa henna yang sudah terkumpul, akan disumbangkan ke panti asuhan dan kaum dhuafa yang membutuhkan.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

Newbie

Written by Karina Zujajah

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Street Photography, Aliran Fotografi Yang Mudah Dipelajari

4 Fakta seputar film Imperfect : karir, cinta dan timbangan.