in

Pengertian Desain Grafis Secara Umum dan Menurut Para Ahli

pengertian design grafisDesain Grafis, merupakan  salah satu bentuk seni yang memberikan leluasan kepada sang desainer untuk menciptakan karya dalam bentuk visual, misalnya foto ,ilustrasi, dan garis di suatu permukaan bertujuan untuk memproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun  yang di pergunakan sebagai tipografi dan fotografi.
   
 Desain dapat diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai hasil kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan  sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” mempunyai arti “proses untuk membuat serta menciptakan suatu obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah karya kreatif, baik itu berwujud sebuah plan, proposal, atau berbentuk obyek yang nyata.

Grafika adalah semua cara pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, maupun gambar yang diperbanyak melalui proses percetakan guna disampaikan kepada khalayak. Seperti foto, gambar/drawing, Line Art, grafik, diagram, tipografi, angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain. Seringkali juga kombinasi teks, ilustrasi, dan warna.

Desain Grafis Menurut  Para Ahli 

  • Menurut Suyanto desain grafis merupakan aplikasi yang menggunakan keterampilan seninya untuk komunikasi guna kebutuhan bisnis misalnya : mencakup  periklanan ,penjualan produk 
  • Sedangkan Jessica Helfand  definisikan  sebagai desain grafis yang kombinasi angka-angka dan grafikyang kompleks, membutuhkan pemikirankhusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga dapat  menghasilkan sesuatu yang bergunadan  subversif.
  •   Menurut Danton Sihombing desain grafis merupakan pekerjakan sebagai elemen seperti halnya marka, simbol, yang tipografi dan gambar baik. Elemen-elemen ini berfungsi sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi.
  • Menurut Michael Kroeger visual communication (komunikasi visual) merupakan  konsep-konsep dan latihan teori melalui suatu terma-terma visual yang  menggunakan warna, bentukdan garis .
  • Warren dalam Suyanto adalah yang memaknai sebagai desain grafis akan terjemahankan dari ide dan tempat ke dalam bentuk yang berurutan dan visual.
  •   Sedangkan Blanchard definisikan sebagai  desain grafis suatu seni yang komunikatif berhubungan dengan industri dan seni untuk  menghasilkan gambaran yang visual di segala permukaan.
2.      Beberapa Kategori Desain Grafis dibedakan menjadi beberapa kategori:
·         Printing yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, dan publikasi lain yang sejenis.
·         Web Desain adalah desain untuk halaman web.
·         Film yang  termasuk kedalam CD, DVD, CD untuk promosi.
·         Identifikasi EGD (Environmental Graphic Design) adalah desain grafis yang profesional mencakup  berbagi desain grafis, desain arsitek dan arsitek taman.

What do you think?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

Pengertian Audio dan Video Secara Umum

5 Tips Mengenali Keaslian Kain Batik