in , ,

Inilah 12 Jenis Tanaman Indoor yang cocok untuk dekorasi rumah

Tanaman Indoor – Istilah Home sweet home ditujukan untuk menggambarkan secara sederhana tentang sebuah perasaan nyaman dan betah di rumah sendiri. Kenyamaan seseorang di dalam rumah salah satunya dikarenakan oleh penataan ruang yang seindah mungkin. Baik dari sisi kebersihan, keindahan dan kerapian.  Nyaman tidaknya rumah tidak lain dipengaruhi oleh tata ruang yang dikonsep sedemikian rupa. Baik dekorasi, furniture yang dipilih, cat dinding, penerangan dan lain sebagainya.

Salah satunya adalah dengan peletakkan tanaman indoor  di dalam rumah. Tanaman indoor berfungsi sebagai dekorasi ruangan juga memberikan berjuta manfaat bagi penghuninya. Salah satunya dapat mendatangkan udara segar dan asri ,pewangi ruangan, menjernihkan udara dari poluisi di dalam rumah dan masih banyak lagi. Jika kamu ingin menggunakan tanaman indoor sebagai salah satu elemen dekorasi rumahmu yuk intip !  Berikut ini jenis-jenis tanaman indoor yang harus kamu tahu !

  1. Aloe vera

Aloe vera dikenal dengan sebutan lidah buaya. Disebut lidah buaya karena bentuknya yang menyerupai ekor buaya yang memiliki duri dan berwarna hijau memanjang. Tanaman ini memiliki seribu satu manfaat. Ia juga cocok dijadikan dekorasi rumah karena bentuknya yang simple dan warnanya yang hijau segar mampu membuat ruangan semakin segar dan asri.

2. Lavender

Tanaman ini banyak dipilih karena rupa bunganya yang indah mempersona.  Yaitu bunganya yang berwarna ungu. Sehingga mampu mempercantik ruangan. Selain itu, aromanya yang harum mampu menebarkan kesegaran kesegala penjuru ruangan. Dan hebatnya lagi, dapat mengusir nyamuk lho !

3.. Sri Rezeki (Chinese Evergreen)

Aglonema biasa disebut dengan sebutan tanaman Sri rejeki. Kadang juga disebut chinese evergreen.
Habitat asli tanaman ini adalah di hutan hujan tropis. Ia tumbuh baik pada daerah yang memiliki intensitas matahari yang rendah, khususnya di daerah yang memiliki kelembapan tinggi.
Meski begitu, tanaman ini juga cocok untuk tanaman indoor, sebagai tambahan dekorasi interior rumah.
Bentuk daunnya yang berkombinasi dengan warna lain, membuat tampilan tanaman ini sangat mempesona.

4. Pachira/Money Plant

Nama lain tanaman ini adalah uang cina. Tanaman jenis ini cocok dijadikan tanaman indoor. Sebab ia sendiri kurang cocok dengan pencahayaan yang berlebih. Bentuk daunnya yang bundar mampu menampilkan sisi indah ruangan yang dramatis. Dan akan semakin manis ditanam pada pot kecil yang simpel.

Dan perlu diperhatikan untuk perawatannya, jangan terlalu sering menyirami tanaman ini. Cukup disiram satu minggu satu kali saja.

5. Bunga Anthurium

Jenis tanaman ini memang sedikit sulit ditemukan. Karena Anturium merupakan salah satu jenis tanaan yang cocok dijadikan dekorasi interior. Ia memiliki warna yang unik, banyak varias dan indah.

6. Beringin karet (Rubber plant)

Beringin karet atau biasa disebut karet kebo. Disebut juga Rubber plant. Tanaman ini dapat mencapai ketinggian yang tinggi, bahkan puluhan kilometer.Jika diletakkan sebagai tanaman indoor, tanaman ini sering dipangkas agar terlihat rapi, mungil namun memiliki kesan hijau yang dekoratif.
Tanaman ini juga memiliki ketahanan tinggi jika diletakkan di dalam ruangan. Bahkan tidak membutuhkan sinar matahari banyak. Justru sebaliknya.
Daunnya yang mengkilap membuat tanaman ini memiliki daya tarik tersendiri. Selain itu, tanaman ini sering dipilih karena teksturnya yang lembut bahkan tidak disukai ulat.
Sehingga tidak mendatangkan resiko jika meletakkannya di dalam ruangan

7. Piece Lily

Tanaman ini juga tidak kalah mempersona dengan jenis tanaman indoor lainnya. Bahkan cukup menjadi idola.Piece Lily termasuk jenis tanaman yang bisa bertahan di dalam ruangan dibandingkan dengan jenis bunga-bunga lainnya.
Namun, agar tanaman ini dapat berkembang dengan baik, sebaiknya juga meletakkannya pada luar ruangan selama dua hingga tiga hari agar dapat mendapatkan pencahayaa

8. Bambu Rejeki  (Ribbon plant )

Pinterest.com
Ribbon plant atau biasa disebut bambu rejeki adalah jenis tanaman yang juga cocok untuk diletakkan di dalam ruangan.Fungsinya sebagai media menambah nuansa alam pada dalam ruangan juga cocok sebagai dekorasi. Tanaman ini tergolong sebagai keluarga dracaena.
Agar tumbuhan ini dapat berkembang dengan baik. Sebaiknya memberikan pencahayaan yang baik. Salah satu caranya dengan memposisikan ya di dekat jendela.

9.Dragon Tree

Ciri khas tanaman ini adalah pada bentuk daun yang meruncing dan batang tanaman yang tumbuh keatas tanpa cabang dan daun yang mengelilinginya. Dan semakin diperindah dengan garis merah yang terletak pada daunnya.

Sebaiknya jika menggunakan tanaman ini sebagai hiasan indoor meletakkannya pada tempat yang teduh, sedikit jauh dari paparan sinar matahari secara langsung. Karena akan beresiko merusak tanaman.

10. Schefflera

Schefflera atau terkenal dengan sebutan pohon payung merupakan jenis tanaman yang juga cocok untuk hiasan indoor. Perawatannya pun juga tidak sulit, bahkan terbilang mudah.

Lebih baik, sediakan pot berukuran untuk meletakkan tanaman ini. Tujuannya adalah agar ia dapat tumbuh dengan subur. Dan berikan pencahayaan yang cukup ya.

11. Yucca

Yucca juga tidak kalah mudah perawatannya dengan tanaman yang disebutkan di atas tadi. Tanaman ini dapat hidup di dalam maupun luar ruangan. Perawatannya pun tidak ribet. Meskipun ia tidak disiram selama satu hingga dua minggu ia tetap segar dan masih hidup. Jika menginginkan tanaman ini berkembang besar dengan mudah, berikan pencahayaan sinar matahari yang cukup agar tumbuh subur.

12. Monstera

Tanaman ini memang sedang naik daun. Tidak jarang dijadikan spot foto oleh banyak orang karena tampilannya yang Instagramable. Tampilannya yang unik, terletak pada bagian daun yang berlubang secara senada bahkan pada bentuknya yang menyerupai sobekan.Tidak jarang tanaman ini dijadikan sebagai tanaman indoor yang cocok untuk dekorasi rumah dan mampu memuat suasana rumah nampak funny.
Namun, konon katanya daun tanaman ini memiliki zat beracun. Sehingga sebaiknya dijauhkan dari jangkauan anak dan hewan peliharaan

Itulah sobat Rekreartive jenis – jenis tanaman indoor yang dapat kamu jadikan refrensi untuk menghiasi rumahmu. Semoga bermanfaat.

What do you think?

Profesional

Written by Karina Zujajah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mengenal Lebih Jauh tentang Vertical Garden

Mengenal Karakteristik Desain Interior Gaya Scandinavian