in ,

Cara mudah membuat karya seni String Art

Mudah dan murah lho !

Sejarah Awal Mula Munculnya String Art

String Art merupakan kesenian unik yang terbuat dari susunan paku dan benang yang dibentuk sesuai pola gambar atau tulisan  dengan menggunakan media papan kayu. Ada yang mengatakan string Art adalah sebuah karya seni tenun benang pada paku yang dipalu yang dibentuk sesuai pola geometris.

Jenis karya seni yang satu ini ternyata memiliki nilai jual tinggi lho sahabat Rekreartive. Terbukti diberbagai online shope karya seni string art di pasarkan dengan patokan harga kisaran Rp. 200 Ribu Rupih hingga Rp. 2000.000 Ribu Rupiah.

Awal mulanya String Art dikenal dalam bentuk kurva dari garis lurus. Sekitar tahun 1900-an silam, sok yang pertama kali memperkenalkannya adalah Mary Everest Boole. Seorang wanita dari Inggris tersebut menggunakan jahitan kurva sebagai media belajar matematika untuk anak-anak didiknya untuk memahami materi aljabar dan geometri. Metode ini sebut metode mengajar  kurva Bèzier. Bahkan Mary Everest Boole menerbitkan sebuah buku yang berjudul philosophy and fun of algebra yang berisi mengenai penjelasan metode pembelajaran menggunakan string art sebagai medianya.

Dari sanalah, seni hias string art terlahir. Dan sejak saat itu banyak seniman diberbagai Negara melahirkan karya-karya luar biasa dari kerajinan berbahan dasar benang dan kayu ini. Khususnya di  negara bagian Eropa.

String  Art atau nama lainnya “in and thread art” Seringnya digunakan sebagai pajangan dinding. Di Indonesia sendiri string art juga ada sejak lama. Salah stau seniman yang terkenal dengan karyanya adalah Erwin Setyawan Ibrahim yang sejak tahun 2011 sudah mencintai karya seni ini. Ia memajang karya-karyanya di akun sosial media pribadi miliknya melalui #StringArtIndonesia di Instagram dan Tumblr miliknya.

Kerajinan String Art cocok dijadikan dekorasi dinding rumah. Bahkan akan semakin menghidupkan suasana ruang dengan gayanya yang unik namun memiliki nilai estetika tinggi. Terlebih cara membuatnya pun cukup mudah bahkan bahan yang dibutuhkan mudah didapat dan tidak menguras kantong.

Cara pembuatannya pun mudah. Bahkan tidak menghabiskan waktu hingga Tiga Puluh menit. Karya seni yang menggunakan teknik menenun benang di antara paku hingga menyerupai pola yang sudah dibentuk ini merupakan rekomendasi kegiatan yang bisa kamu coba di rumah.  Tidak perlu khawatir mengenai urusan bahakn yang dibutuhkan, karena semua sudah tersedia di toko bangunan. Harganya pun mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat karya seni unik nan cantik String Art :

Bahan yang Dibutuhkan untuk  Membuat Karya Seni String Art:

  1. Benang ( Bisa menggunakan benang wol atau benang rajut, pastikan benang tersebut kuat dan awet).
  2. Warna benang yang dipilih sesuaikan dengan selera dan kebutuhan
  3. Paku ukuran kecil. Menggunakan paku paying juga tidak masalah
  4. Papan setebal 1 cm. Atau bisa memanfaatkan talenan dan batang pohon yang dipotong melingkar tipis.
  5. Pola gambar atau tulisan ( Biasanya terbuat dari kertas yang sudah digunting mengikuti jenis pola yang dipilih)

Alat penunjang yang perlu kamu siapkan :

  1. Palu
  2. Gunting
  3. Selotip
  4. Pensil dan penghapus

Cara Mudah Membuat String Art :

  1. Buatlah pola bentuk gamar yang kamu inginkan pada permukaan kertas. Bisa menggunakan pensil atau bolpen
  2. Gunting gambar tersebut sesuai polanya
  3. Jika sudah, Letakkan pola gambar pada papan kayu. Sesuaikan tata letaknya. Kemudian rekatkan menggunakan selotip sekuat mungkin. Agar pola gambar tidak mudah bergeser.
  4. Palu paku pada papan. Mulailah dari ujung bawah pola gambar. Pastikan memalu dengan kuat dan rapi antara jarak paku satu dengan paku lainnya. Hal ini bertujuan untuk memperindah tampilan string art dan memudahkan saat melilit cording atau benang pada paku. Untuk langkah ini yang dipaku hanya pada ujung pola saja ya sahabat Rekreartive !
  5. Jika sudah, Lepaskan kertas pola gambar dari papan dengan hati-hati.
  6. Kemudian, mulailah menenun benang pada paku yang sudah ditancapkan pada papan yang sudah berbentuk menyerupai pola. Tenun hingga kencang ya !
  7. Jika semua permukaan sudah dipenuhi dengan anyaman bola wol, dan sekiranya sudah cukup. Tali ujung benang wol dengan erat dan berikit sedikit lem untuk merekatkan simpul agar tidak lepas.
  8. String Art buatan anda sudah siap dipajang ! Mudah bukan?

Itulah sahabat Rekreartive, Cara mudah membuatk karya seni unik string Art. Jangna ragu untuk memulai ya. Dan pesannya, untuk menenun benang wol pada paku, lakukan sebebas mungkin sekiranya tampilan cantik. Karena pada dasarnya membuat pola benang yang dikaitkan pada paku tidak ada dasar patokannya. Selamat berkarya !

Berikut ini Deretan Ide Karya Seni String Art yang Bisa Kamu Coba

 

 

What do you think?

Profesional

Written by Karina Zujajah

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…

0

Comments

0 comments

L'Oréal Memproduksi Hand Sanitizer

L’Oréal Mengumumkan Rencana untuk Memproduksi Hand Sanitizer sebagai Respons Krisis

Masjid Ber-arsitektur Khas Thionghoa di Indonesia di Indonesia